Wednesday, December 14, 2016

Ide Konsep Desain Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis sederhana merupakan pilihan hunian yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Karena rumah konsep minimalis sederhana ini terbilang cukup ekonomis dibandingkan rumah minimalis modern yang megah.

Rumah minimalis sederhana sendiri umumnya dibangun di atas lahan yang tidak begitu luas, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik ataupun arsitek rumah untuk membuat rumah terkesan lebih luas dan lebih menawan. Rumah minimalis sederhana bisa dibangun lebih cantik dan nyaman jika kita mampu melakukan desain yang baik untuk rumah tipe ini.





Hal yang paling penting ketika Anda ingin membangun rumah tipe ini adalah, desain rumah minimalis sederhana. Desain inilah yang menentukan kenyamanan sebuah rumah sederhana dengan konsep yang minimalis. Konsep rumah yang paling sering dipilih oleh keluarga baru adalah konsep rumah minimalis sederhana dengan 1 lantai.

Konsep ini sangat tepat karena luasan rumah yang tidak besar namun cukup untuk menampung penghuni sebanyak 2 orang. Meskipun begitu, bukan berarti rumah tipe ini tidak bisa dibangun sebagai rumah yang berkualitas dan memiliki nilai yang artistik.

Adapun ide desain rumah minimalis sederhana agar terlihat lebih menawan adalah sebagai berikut :

1. Konsep ornamen alami

Anda tak perlu khawatir dan pusing-pusing untuk memilih desain rumah modern klasik agar terlihat mewah untuk rumah minimalis sederhana ini. Namun, Anda cukup menaplikasikan konsep desain dengan ornamen-ornamen alami yang terkesan lebih sederhana.

Dengan tekstur desain yang sederhana, membuat rumah Anda tampil lebih simpel namun lebih asri. Anda juga bisa membuat rumah sederhana lebih cantik dan anggun, dengan memadukan warna-warni minimalis yang tepat diaplikasikan pada rumah Anda.

2. Tidak perlu memilih material yang mahal

Untuk menerapkan konsep yang benar-benar sederhana, maka Anda harus memilih bahan atau material rumah yang tidak mahal. Cukup dengan memilih bahan yang ekonomis tapi lebih berfungsi. Selain itu, pilih furniture yang berkualitas dan terlihat berkelas dengan harga yang lebih murah.

3. Tampilkan ide desain yang lebih efisien

Agar rumah Anda tampil sederhana namun lebih fungsional, maka Anda harus menampilken ide kreatif yang dapat memaksimalkan ruangan-ruangan yang ada di rumah agar lebih efisien dan lebih efektif.

4. Pilih perpaduan warna netral

Konsep desain rumah minimalis sederhana tidak perlu memadukan warna-warna yang rumit atau kontras, cukup dengan paduan warna-warna netral yang dapat membuat rumah tampak lebih alami da lebih berkesan. Perpaduan warna ini juga bisa disesuaikan dengan konsep minimalis sederhana yang diterapkan.

Warna-warna yang bisa diaplikasikan adalah warna putih, abu-abu maupun hitam. Hindari penggunaan warna netral tunggal, apalagi warna-warna yang gelap seperti penggunaan warna yang hitam tanpa ada warna lainnya. Karena akan memberikan kesan rumah yang gelap dan sempit. Selain itu, hindari juga pemilihan warna-warna yang mencolok atau terlalu kontras.

5. Penempatan furniture sesuai fungsi

Tips berikutnya adalah penempatan furniture yang ada di rumah sesuai dengan fungsi maupun kebutuhannya. Selain itu, hindari meletakan banyak furniture atau perabotan dalam satu ruangan. Karena hal ini bisa membuat rumah minimalis Anda tampak lebih sempit.

6. Manfaatkan ventilasi udara di beberapa ruangan

Untuk membuat rumah Anda tampak lebih luas dan lebih segar dengan sirkulasi udara yang cukup, maka Anda bisa membuat ventilasi udara melalui jendela maupun langit-langit. Hal ini untuk memberikan kenyamanan Anda ketika di dalam rumah.

Ya, itulah beberapa ide konsep desain rumah minimalis sederhana yang bisa coba Anda terapkan untuk membuat rumah minimalis tampak lebih cantik dan nyaman!